Translate

Jumat, 27 Desember 2013

cara pembiakan kenari



Cara Pembiakan Kenari
Yaitu ada beberapa tahap:
1.     Tahap penjodohan
Bila kenari belum pernah bertemu atau belum bejodoh perlu di jodohkan telebih dahulu yaitu dengan cara memisahkannya antara jantan dan betina dan  menjajarkan dengan kandang yang berbeda, apabila kenari betina sudah memanggil-mangil jantan dengan mengglepar-nggleparkan sayapnya dan apabila burung kenari jantan berbunyi dan ekor kenari betinanya di angkat dan kepalanya mendongak ke atas itu tandanya sudah berjodoh, dan bisa langsung di masukkan ke dalam kandang yang sama.
2.    Tahap perkawinan
Apabila kenari sudah berjodoh maka kenari di stukan di dalam kandang dan akan memulai perkawinan,biasanya bila pertama perkawinan di satukan sampai bertelur max telur biasanya 5-6 butir.
Apabila sudah pernah di kawinkan di sarankan untuk mengawinkan  se hari 2x yaitu pagi dan sore untuk menjaga kestabilan hormon pejantannya, agar tidak bekurang birahiya dan menjaga kualitas anakan. Apabila tidak sempat di biarkan saja bila sudah bertelur maka dipisah saja.
3.    Tahap pengeraman telur
Kenari betina biasanya mengerami telurnya selama 14 hari. Bila lebih dari itu biasanya telur akan gagal.
4.    Tahap perawatan anak
Pada saat perawatan anak induk membutuhkan makanan yang lebih untuk menyuplai makanan kepada anak,kita dapat menambahkan telur,sawi untuk menambah asupan kepada anak kenari,pada umur 25-30 hari anak akan bisa makan sendiri dan sudah bisa di pisahkan dari induknya. Agar induk bisa langsung di kawinkan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar